Victo Glend

On-page SEO

On-Page SEO

On-page SEO (dikenal juga dengan On-site SEO) merupakan tindakan untuk mengoptimalkan konten dan kode HMTL. Diharapkan dengan optimalisasi ini akan meningkatkan peringkat keyword dan mendapatkan lebih banyak trafik yang relevan ke website kamu. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa On-page SEO merupakan tahap fundamental yang harus dijadikan prioritas awal.

Optimasi On-page bertujuan membantu Google untuk menginterpretasi halaman konten tapi juga agar membantu pengguna mudah memahami konten kamu dengan lebih jelas. Ada tiga target yang harus dicapai ketika melakukan On-page SEO agar memikirkan usaha untuk membuat mesin pencari dan users;

  • Memahami konten yang ada dihalaman situs kamu;
  • Mengindentifikasi bahwa halaman ini relevan dengan pertanyaan atau kueri;
  • Menemukan halaman yang berguna dan layak di ranking pada hasil pencarian (SERP).

Didalam artikel ini kita akan membahas secara mendalam bagaimana cara agar menyempurnakan On-page SEO bagi situs kamu. Ada dua cara umum yang bisa kamu gunakan untuk melakukan optimisasi SEO yaitu;

Keyword dan Konten On-page SEO

Kualitas dan relevansi konten sangat penting bagi Google untuk menentukan peringkat halaman hasil pencarian. Jika kamu sudah belajar SEO pada artikel saya sebelumnya, mesin pencari berusaha untuk menampilkan hasil yang paling relevan dengan kueri.

Keyword tidak lagi merupakan pusat On-page SEO dimana kunci utama optimasi on-page SEO lebih terfokus pada Topik Konten. Setiap website selalu berusaha untuk memberikan topik konten yang sesuai dengan target niche audiens. Keyword pada hakikatnya digunakan untuk membantu Google mengidentifikasi konten yang terdapat didalam artikel tersebut.

Google terus menerus memperbaharui algoritma agar bisa menemukan konten yang sesuai menggunakan sinonim kata kunci, konteks dari konten yang muncul atau memperhatikan berapa banyak pengulangan kata kunci. Keyword memang penting untuk Google, namun yang lebih penting tetaplah relevansi konten tersebut.

Didalam teknik SEO ini, kamu akan lebih berfokus untuk mengembangkan konten yang berkualitas agar memahami siapa pengguna, apa yang mereka cari dan topik yang mereka inginkan. Bisakah kamu membuat konten yang mampu memenuhi kebutuhan mereka tersebut?

Berikut merupakan kriteria untuk menjawab semua kebutuhan user akan konten berkualitas.

Konten Yang Mendalam (In-depth)

Google membuat algoritma Panda yang berguna untuk menyeleksi konten yang sedikit jumlah kata dan informasi. Sehingga kamu harus memastikan bahwa konten yang kamu buat cukup padat dan memiliki informasi yang lengkap. Tidak ada aturan baku, namun banyak pakar SEO sepakat bahwa setidaknya kamu harus memiliki konten dengan minimal 300 kepadatan kata.

User-Friendly

Berfokuslah untuk tetap memberikan pengalaman pengguna yang baik. Sebagus apapun konten yang kamu buat jika tidak bisa di akses maka akan percuma. Kemudian pastikan bahwa konten tersebut dapat dibaca dengan jelas oleh user, mudah untuk di navigasi dan bersih dari iklan spam.

Konten Unik dan Spesifik

Banyak sekali kita melihat konten yang merupakan hasil copy paste atau duplikat dari konten milik orang lain. Bayangkan jika ternyata ada 10 artikel yang sama persis baik dari isi, gambar, url dll, lalu bagaimana cara agar Google menampilkan hasil yang relevan? Maka kamu harus membuat konten yang unik dan bukan merupakan duplikasi dari orang lain.

Konten Terpercaya

Tidak semua informasi dapat dipercaya, maka Google juga menekankan untuk selalu menambahkan sumber informasi dari tulisan artikel tersebut. Tunggu dulu bukankah berarti saya harus menambahkan link external, apakah akan berpengaruh buruk bagi situs saya? Jawabannya TIDAK! Memberikan backlink ke situs lain tidak akan membuat situs kamu buruk. Backlink yang kamu berikan akan menjadi fondasi bahwa informasi yang kamu ambil dari situs lain yang lebih terpercaya. Maka jangan lupa untuk selalu menambahkan sumber tulisan kamu.

Sesuai Dengan Niat Pengguna

Setiap kata kunci memiliki niatnya masing-masing. Misalkan jika kamu menulis belajar SEO, artinya kamu saat ini ingin mencari konten untuk belajar SEO. Lain hal jika kamu menulis kursus SEO dimana kamu secara gamblang ingin belajar SEO secara privat. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kamu juga harus membuat konten yang menjawab semua niat atau intentional pencarian. Apakah mereka ingin berbelanja, mencari informasi, membandingkan harga dan mencari tahu spesifikasi suatu produk?

Non-Keyword dan Konten On-Page SEO

Terlebih dari optimasi konten dan keyword didalam konten. Kamu juga tetap harus fokus untuk memperhatikan beberapa aspek selain konten seperti;

  • Berapa banyak link yang digunakan di dalam konten tersebut;
  • Kecepatan loading halaman;
  • Apakah kamu telah menggunakan struktur data Schema.org atau markup lainnya;
  • Struktur URL halaman;
  • Mobile Friendly;
  • Metadata;

Mengoptimalkan halaman sepenuhnya di website membutuhkan perubahan berbasis teks atau kualitas konten. Kemudian fokuslah untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik dengan sedikit perubahaan pada HTML kamu mulai dari internal link building, kecepatan halaman, mobile friendly, dll.

 

 

Dapatkan teknik SEO terbaru setiap minggunya langsung ke email kamu!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Rekomendasi Artikel

On-page SEO

On-Page SEO

On-page SEO (dikenal juga dengan On-site SEO) merupakan tindakan untuk mengoptimalkan konten dan kode HMTL. Diharapkan dengan optimalisasi ini akan meningkatkan peringkat keyword dan mendapatkan

Baca Sekarang!
Bagaimana Mulai Untuk Membangun Backlink SEO

Apa Itu Link Building SEO

Ketika kamu mencari tahu tentang SEO, maka kamu akan menemukan tiga hal peting yaitu : konten, pengalaman pengguna dan link (tautan). Jika kamu baru memulai

Baca Sekarang!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *