BAB 1 : Apa itu SEO dan Kenapa Penting?

BAB 1 : Apa itu SEO dan Kenapa Penting?

Kamu masih belum mengerti SEO? Well, kamu datang ke tempat yang tepat! Kali ini saya akan membahas secara singkat mengenai apa itu SEO secara sederhana. Agar kamu memahaminya dengan mudah, secara sederhana SEO atau Search Engine Optimization merupakan tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website supaya muncul pada hasil pencarian teratas mesin pencari seperti Google.

Apa Pentingnya SEO?

SEO berperan penting dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas trafik website. Tidak hanya itu, SEO juga bisa meningkatkan ekspose atas brand kamu. Terlebih lagi, semua keuntungan ini bisa kamu dapatkan dengan non-paid atau organik. SEO pada dasarnya bertujuan untuk menjawab semua pertanyaan user, apa yang paling mereka cari, kata kunci apa yang mereka gunakan (keyword) dan konten apa yang mereka sukai.

Maka, tugasmu adalah memahami apa yang di inginkan oleh pengguna melalui mesin pencari. Kamu di ibaratkan mencoba menyelesaikan teka-teki ataupun puzzle untuk memahami apa yang paling di inginkan oleh user. Setelah mengetahui susunan puzzle, maka kamu bisa memberikan konten yang layak di konsumsi oleh publik.

Untuk memahami puzzle ini biasanya menggunakan pendekatan Niat. Setiap user yang menggunakan mesin pencari, pasti memiliki niat tertentu.

4 Tipe Niat Pertanyaan

  • Niat Informasi, biasanya user menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mendapatkan suatu informasi dari artikel, blog, berita, ebook, pdf, ppt, video dan semacamnya.
  • Niat Navigasi, pernahkah kamu kesulitan dalam menemukan suatu halaman tertentu? Misalnya untuk menemukan halaman sign-up di Facebook, Instagram, halaman harga dll. Nah kamu bisa menggunakan search engine untuk menemukan halaman tersebut.
  • Niat Transaksi, mungkin jenis niatan ini salah satu yang paling sering kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Niat transaksi biasanya seseorang menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan informasi berupa harga produk atau spesifikasinya. Biasanya para SEO expert berlomba-lomba untuk mendapatkan ranking pertama dalam pencarian dengan niat transaksi yang sudah jelas orang yang mencari dengan niat ini berkemungkinan besar untuk melakukan pembelian.
  • Niat Komersil atau perbandingan dimana user mencari informasi untuk membandingkan sebuah produk dari brand berbeda. Niat komersil biasanya digunakan untuk mendukung niat transaksi agar membuat user semakin yakin membeli produk yang kamu tawarkan. Maka sangat disarankan untuk menambahkan informasi pembanding jika kamu ingin meningkatkan penjualan kamu agar user atau pembeli bisa membandingkan manfaat dan value dari produk kamu nantinya.

Sementara iklan berbayar, sosial media, youtube, email dan lainnya bisa menghasilkan trafik, namun mayoritas berasal dari mesin pencari. Hasil pencarian organik mencakup lebih banyak aspek digital, tampak lebih kredibel bagi pencari yang cerdas, dan menerima lebih banyak klik daripada iklan berbayar. Singkatnya, SEO berpeluang menghasilkan 20X lebih banyak trafik dari pada PPC. Cuman SEO yang di siapkan sekali saja namun bisa menghasilkan keuntungan setiap saat bagi pemilik website.

Jika kamu telah menyiapkan konten yang solid dan pantas mendapatkan ranking untuk keyword yang tepat, maka trafik kamu akan terus bertambah sepanjang waktu. Lain hal bila iklan harus terus menanam dana untuk mengirimkan trafik ke website kamu. Memang mesin pencari itu sangat pintar, namun bukan berarti tidak butuh bantuan. Maka kamu harus selalu melakukan perbaikan untuk membantu menyampaikan informasi yang lebih baik ke mesin pencari. Sehingga kontenmu bisa di indeks dan muncul pada hasil pencarian teratas.

Cara Kerja SEO

Mesin pencari bukanlah mesin yang secara pintar langsung menemukan konten yang paling relevan dangan hasil pencarian. Ada beberapa 3 proses utama yaitu crawling, indexing dan rangking.

  • Crawling, mesin pencari mengirikan robot untuk menelusuri semua konten yang tersedia dari triliunan website. Robot ini disebut dengan spider atau laba-laba yang merayapi setiap kode HTML.
  • Indexing merupakan tempat menyimpan seluruh data hasil crawling secara terpusat. Indeks akan memudahkan mesin pencari seperti Google untuk mengambil konten berdasarkan data yang telah disimpan sebelumnya.
  • Terakhir adalah ranking dimana mesin pencari mengurutkan hasil pencarian mulai dari yang paling relevan hingga yang kurang relevan.

Bagaimana Saya Belajar SEO?

Kamu mungkin bertanya-tanya tentang framework untuk belajar SEO yang lebih efektif, sehingga tidak membuat banyak waktu dan belajar hal yang tidak perlu. Search Engine Land telah membuat table periodik yang membatu kamu untuk mempelajari teknik SEO yang meningkatkan kualitas SEO dan mencegah “Toxic” yang merugikan peringkat Anda.

Table Periodik : Faktor Teknikal SEO, sumber dari Search Engine Land

Tentukan Target SEO

Setiap website memiliki goal masing-masing, tergantung industri yang di targetkan. Dengan adanya goal akan membantu kamu menentukan area SEO mana yang perlu kamu fokuskan, memantau konversi, mendorong penjualan, menaikkan traffic dan menyiapkan tolak ukur lainnya. Pertanyaannya, apa KPI yang harus kamu capai untuk mengukur laba atas investasi SEO. Setiap website memiliki target yang berbeda-beda sesuai dengan industrinya masing-masing.

Berikut KPI yang umum di temukan :

  • Penjualan
  • Prospek atau Leads
  • Download atau total unduhan
  • Berlanganan email
  • Pendaftaran
  • Panggilan telepon
  • Menaikkan kesadaran brand
  • Menaikkan trafik website
  • Mengisi formulir pendaftaran

“Tunggu dulu Glend! kenapa rangking tidak masuk dalam KPI? Bukannya saya datang ke sini untuk belajar SEO?” — Well Kamu tidak salah sama sekali, rangking merupakan cara untuk mencapai semua goal di atas. Jadi dengan mendapatkan ranking maka tinggal memantau performa SEO berdasarkan KPI yang telah kamu tetapkan.

Perlu di catat bahwa SEO merupakan ilmu, praktek dan teknik yang sangat luas juga terus di perbaharui. Maka dengan menentukan KPI akan membantu kamu fokus pada kualitas daripada kuantitas. Coba kamu pilih dari dua skenario ini mana target marketing yang tepat.

  • Sebulan menghasilkan 100.000 pengunjung dengan 25 prospek, atau
  • Sebulan menghasilkan 27.000 pengunjung tapi menghasilkan 80 prospek?

Pastinya pilihan kedua merupakan jawaban yang tepat. Jadi kamu tidak perlu terlalu berfokus untuk mendapatkan trafik. Karena semakin lama kamu merawat kualitas SEO kamu, semakin tinggi pula trafik pengunjung. Jadi biarkan waktu yang membantu menaikkan trafik organik. Seperti yang kita ketahui, SEO membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Sebelum mulai belajar SEO, kamu perlu menentukan target agar lebih fokus dan menghindari optimasi yang tidak perlu. SEO lebih dari sekadar metrik kesombongan. Ketika dilakukan dengan baik, secara nyata dapat membantu bisnis untuk mencapai kesuksesan.