Victo Glend

Apa Itu Link Building SEO

Ketika kamu mencari tahu tentang SEO, maka kamu akan menemukan tiga hal peting yaitu : konten, pengalaman pengguna dan link (tautan). Jika kamu baru memulai SEO, membuat konten yang menarik dan pengalaman pengguna merupakan hal yang bisa kamu kontrol. Tapi berbanding terbalik dengan membangun link yang tidak bisa kamu kontrol sepenuhnya.

Jika kamu masih belum memahami apa itu SEO, maka saya sangat sarankan untuk belajar SEO pada artikel sebelumnya. Namun secara singkatnya SEO membutuhkan link untuk meningkatkan popularitas dan peringkat teratas pada hasil pencarian. Dalam artikel ini, saya akan membahas cara mudah untuk membangun link SEO bagi pemula.

Kita akan mulai dengan….

Apa itu Link Building?

Link building merupakan istilah yang digunakan di SEO untuk menjelaskan proses menambahkan kuantitas tautan yang bagus dari situs lain ke website milik kamu.

Kenapa sangat penting? Link building merupakan salah satu faktor utama (walau memang tidak hanya itu) Google biasa menentukan kualitas dan kepercayaan suatu halaman. Kamu perlu mendapatkan backlink dari website yang relevan untuk mendukung Domain Authority.

Google pada dasarnya ingin setiap orang dapat membagikan tautan ke halaman yang bernilai baik atau bermanfaat bagi pembaca. Bayangkan jika kamu membagikan resep kue yang enak di halaman situs kamu. Kemudian ada yang membagikan halaman tersebut di halaman miliknya sendiri atau melalui sosial media. Begitulah cara Google menilai halaman mana yang layak muncul pada peringkat taratas SERP.

Alasan inilah yang membuat beberapa pemilik situs berusaha mendapatkan backlink degan cara membeli atau membayar beberapa insentif. Google sangat tidak suka dengan praktek yang berusaha menipu algoritma penilaian konten yang relevan menggunakan Link Scheme. Jika kamu menggunakan cara ini, maka link tersebut termasuk atribute “nofollow”.

Jadi perlu di ingat bahwa membangun backlink sangatlah penting, namun Google juga tidak mau kamu membayar dan dengan sengaja membuatnya. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana caranya “earning link” atau menerima tautan.

Bagaimana Membangun Backlink?

Banyak sekali metode yang bisa di lakukan untuk mendapatkan link organik.

Link Gap Analysis

Link Gap Analysis atau Analisis celah tautan merupakan metode yang paling umum dilakukan dengan melihat link kompetitor yang belum kamu miliki. Kamu perlu melakukan analisa menggunakan berbagai tools SEO secara gratis. Dengan menganalisa link kompetitor setidaknya akan memberikan kamu gambaran situs mana yang mau memberikan backlink secara gratis.

Menjangkau Menggunakan Email

Email outreach meruakan skill yang wajib kamu punya untuk membangun backlink. Ingat bahwa link ke website kamu dibuat oleh orang lain, sehingga jangkau mereka dan kenalkan konten kamu. Lalu bagaimana cara menjangkau orang yang tepat?

Berkontribusi di Forum Menulis

Ada beberapa situs yang bisa kamu gunakan untuk mengirimkan tulisa seperti Medium, Forum Thread, Forum Post, HARO, atau media berita seperti Kumparan, IDN Times dan lainnya. Beberapa website ini membuka kesempatan untuk berkontribusi sebagai penulis. Kamu bebas mau menanam backlink atau tidak pada konten kamu.

Namun tetap harus diperhatikan, walaupun beberapa situs tersebut mau memberikan backlink. Bukan berarti link tersebut dianggap Google sebagai backlink berkualitas. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, link dari situs diatas akan di anggap backlink jika konten kamu bagus dan terdiri setidaknya 500 kata.

Kesimpulan, secara keseluruhan link building merupakan salah satu faktor terpenting bagi SEO. Namun perlu diperhatikan bahwa Google lebih menghargai situs yang mendapatkan backlink secara natural dan organik. Tentu kamu harus terus belajar untuk mengembangkan situs kamu, memperkenalkan konten kamu dan membuat konten yang berkualitas.

Exit mobile version