Victo Glend

7 Strategi Paling Ampuh Menaikkan Ranking Keyword SEO Victo Glend

7 Strategi Paling Ampuh Menaikkan Ranking Keyword SEO

Pernahkah kamu mencari tahu bagaimana caranya Google, Yahoo atau Bing memberikan peringkat kepada situs yang paling relevan dengan hasil pencarian? Saya yakin sekali jika Anda menemukan artikel ini karena Anda ingin tahu bagaimana caranya menaikan ranking keyword SEO yang Anda targetkan dengan cepat. Benar bukan? jika “IYA” maka kamu datang ke tempat yang tepat. Pada artikel kali ini, saya akan membahas bagaimana caranya menaikkan rank keyword SEO yang Anda targetkan dengan cepat dan sudah saya buktikan dengan kepada beberapa klien saya sendiri. Namun sebelum kamu belajar beberapa strategi yang sering saya gunakan untuk menaikkan ranking kata kunci SEO, kamu harus ikuti step by step agar memahami logika SEO.

Cara Kerja Mesin Pencari

Masih banyak sekali Digital Marketing yang tidak mengerti bagaimana cara kerja mesin pencari dalam memberikan peringkat pada hasil pencariannya. Olehkarena itu, kamu perlu pahami terlebih dahulu dasar SEO agar memahami cara mengoptimalisasi mesin pencari.

Pada dasarnya mesin pencari memberikan peringkat berdasarkan beberapa faktor (200 faktor ranking SEO) yang dijadikan indikator tingkat relevansi agar mesin pencari menampilkan situs yang paling sesuai dengan kueri pencarian atau kata kunci. Cara kerjanya cukup sederhana, pertama mesin pencari akan melakukan Crawling untuk merayap semua situs yang terdapat di mesin pencarian menggunakan CrawlBot. Jika kamu menggunakan Google, maka robot yang melakukan crawl atau perayapan adalah GoogleBot. Tujuan dari crawling ini adalah untuk mengakses atau menjelajahi semua halaman situs untuk mendapatkan konten seperti kata kunci, gambar, video, atau pdf dengan memeriksa setiap kode atau konten disetiap halaman URL.

Setelah crawling selesai maka data yang telah dikumpulkan dari beberapa halaman situs tersebut akan di simpan yang nantinya akan ditampilkan yang dikenal dengan Indeks atau indexing. Halaman atau situs yang sudah ter-indeks dikumpulkan dan akan di tampilkan nantinya sesuai dengan tingkat relevan dari kueri yang dicari. Setelah ter-indeks maka mesin pencari akan mulai memberikan peringkat sesuai dengan tingkat relevansi, tahap ini disebut dengan Ranking menggunakan Algorithm BrainRank. Jika disumpulkan maka berikutlah cara kerja mesin pencari menampilkan hasil pencariannya.

  • Crawl / Perayapan : Menjelajahi semua konten di internet melalui kode HTML/konten di setiap URL yang ditemukan oleh Crawlbot.
  • Index / indeks : Mengumpulkan dan menyimpan semua konten yang telah ditemukan dari hasil perayapan. Ketika halaman telah di indeks, maka halaman tersebut telah muncul di hasil mesin pencarian.
  • Rank / Peringkat¬†: Menyediakan sebagian konten terbaik yang dirasa bisa menjawab pertanyaan di mesin pencari. Maksudnya adalah hasil pencarian¬†yang telah ter-indeks akan disusun dari yang paling relevan hingga yang kurang relevan.

Dengan mengetahui bagaimana cara mesin pencari menampilkan hasil yang paling relevan dengan menyusun hasil tersebut dari yang paling relevan hingga yang kurang relevan. Dari sini kita bisa simpulkan bahwa agar memastikan halaman kamu bisa di ranking nantinya, halaman situs yang kamu targetkan harus bisa di Crawl agar bisa di akses kemudian memperbaharui indeks agar konten tersebut diperbaharui. Perlu diketahui bahwa waktu perayapan setiap website itu berbeda-beda, untuk penjelasan yang lebih detail silahkan pelajari bagaimana cara mendapat ranking pertama di Google. Karena pada artikel kali ini kita akan membahas strategi untuk menaikkan ranking Google kamu dengan sedikit memahami bagaimana cara mesin pencari bekerja menghasilkan halaman yang paling sesuai berdasarkan peringkat.

7 Strategi Ampuh Menaikkan Ranking Keyword SEO

Disini saya merangkum 7 strategi yang paling ampuh dalam menaikkan ranking dengan memanfaatkan cara kerja mesin pencari, artinya selalu ingat bahwa agar menaikkan ranking keyword maka pastikan bisa dicrawl, lakukan indeks dan nantinya tinggal menunggu ranking.

1. Riset Kata Kunci

Langkah utama dalam mengoptimalisasi mesin pencari adalah dengan melakukan riset kata kunci atau research keyword terlebih dahulu agar memastikan bahwa kata kunci yang ditargetkan dapat menghasilkan traffic yang di inginkan, tingkat kompetisi dan alternatif kata kunci yang mungkin dicari oleh para pengguna internet.

2. Letakkan Kata Kunci Atau Keyword Pada Struktur Halaman Yang Benar

Langkah Awal yang biasa saya lakukan adalah memastikan bahwa kata kunci atau keyword yang saya targetkan diletakkan pada tempat yang benar di halaman yang saya targetkan. Berikut daftar penempatan keyword yang benar didalam struktur halaman, anggap saja kamu ingin menaikkan kata kunci “belajar SEO” :

  • URL : Letakkan kata kunci pada alamat situs yang kamu targetkan, misalkan https://victoglend.com/blog/belajar-seo jadi pastikan kata kunci diletakkan di dalam URLnya.
  • Meta Title : Letakkan kata kunci pada judul alamat situs kamu dengan benar dengan format seperti ini <head><title>Keyword 1, Keyword 2 | Brand</title></head>. Jadi perlu di ingat bahwa dalam meletakkan kata kunci pastikan bahwa kamu menggunakan format ini dengan meletakkan Keyword 1 sebagai kata kunci utama, Keyword 2 sebagai long-term keyword dan terakhir adalah nama brand atau situs kamu.
  • Meta Description : Letakkan kata kunci pada deskripsi halaman tersebut, tujuannya agar memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa judul dan konten sudah relevan.
  • Heading H1, H2, H3, H4, H5, dan H6 : Pastikan bahwa kata kunci tersebut kamu letakkan juga di dalam headline, oleh sebab itu menerapkan tag heading yang berurutan dari mulai tag h1 sampai h6 sangat dianjurkan.
  • Paragraf : Letakkan kata kunci yang kamu targetkan juga di bagian paragraf, agar memberikan sinyal indikasi bahwa kamu benar-benar membahas tentang kata kunci yang dicari oleh mesin pencari. Sehingga memberikan indikasi bahwa konten tersebut relevan dengan kata kunci tersebut.

3. Rich Snippets

Rich Snippets adalah salah satu fitur yang hasil pencarian yang disiapkan oleh Google dengan memanfaatkan struktur situs yang tersedia dihalaman situs kamu dan juga konten lain seperti format teks, gambar, video, pdf, dll. Gunakan Rich Snippets yang sesuai dengan konten yang kamu miliki karena Fitur Snippets ini akan menampilkan konten yang paling sesuai seperti Google Shopping, Google Maps, Often Ask, dll.

Dapatkan Tips : Cara Memanfaatkan Rich Snippets Bagi Pemula

4. Optimalisasi Situs Versi Mobile

Mesin pencari dari Google kini memiliki algoritma utama yang paling mendasar yaitu Mobile-First Index atau Mobile-Friendly Update. Algoritma ini bertujuan untuk memastikan bahwa halaman situs yang kamu miliki haruslah memiliki user interface yang mobile friendly. Sehigga Google tidak akan menampilkan halaman yang tidak memiliki fitur mobile friendly walaupun konten yang kamu miliki sudah sangat bagus. Mobile friendly yang dimaksud adalah situs mudah diakses, kecepatan halaman yang baik, dan display yang responsif. Lalu bagaimana cara memaksimalkannya?

Mobile Responsive

Mobile responsif adalah salah satu cara yang paling sering dilakukan untuk mengoptimalisasi situs versi mobile. Fungsi mobile responsif yaitu mengubah bentuk dari tampilan halaman situs sesuai dengan layar device yang digunakan oleh pengguna. Sehingga tampilan antara versi desktop akan berbeda dengan versi mobile dan juga tablet.

AMP (Accelerated Mobile Pages)

AMP merupakan suatu bentuk struktur halaman yang khusus untuk versi mobile sehingga tidak bisa ditampilkan pada versi desktop. Kelebihan AMP adalah memiliki tampilan yang lebih sederhana, loading yang jauh lebih cepat dari mobile responsif dan lebih ramah bagi pengguna mobile.

5. Link Building

SEO tidak luput juga dari strategi untuk membangun link yang saling bertautan satu sama lain. Tujuan membangun backlink adalah agar halaman tersebut lebih mudah di crawl oleh mesin pencari. Perlu di ingat bahwa setiap situs memiliki jadwal crawl yang berbeda-beda, kemudian mesin pencari akan merayap semua alamat situs halama yang kamu miliki termasuk juga dengan kumpulan link yang ditanam di halaman tersebut.

Selain memudahkan mesin pencari untuk melakukan crawling, Link building juga berfungsi sebagai salah satu indikator bagi mesin pencari yang berguna sebagai “voting”. Sehingga semakin banyak URL yang mengarah pada situs kamu, maka semakin tinggi juga tingkat kepercayaan pengguna internet lain sehingga mereka mau dengan rela membagikan halaman situs kamu yang biasa dikenal dengan backlink. Olehkarena itu penting sekali untuk membuat konten yang bagus agar mendapatkan banyak backlink.

Pelajari : Bagaimana Cara Membangun Backlink

6. Lakukan Audit On-page SEO

Jika kamu sudah mengikuti beberapa langkah sebelumnya, maka yang kamu perlu lakukan adalah melakukan Audit agar memastikan bahwa kata kunci yang kamu targetkan sudah masuk dalam peringkat 10 hasil pencarian (SERP). Lakukan audit tidak hanya tracking keyword tetapi juga apakah ada link yang rusak seperti 4xx, 5xx atau broken link dibeberapa backlink yang kamu miliki, kecepatan website yang menurut, situs yang tidak responsif karena kesalahan kode HTML, masalah crawling dll.

7. Promosikan Halaman yang Kamu Targetkan

Jangan lupa bahwa salah satu indikator apakah halaman kamu layak untuk masuk dalam peringkat tertinggi hasil pencarian adalah dengan memastikan bahwa situs kamu memiliki interaksi yang baik seperti berapa jumlah pengunjung halaman, jumlah sesi, durasi kunjungan, rasio pantulan dan klik pada halaman. Maka wajib bagi halaman baru untuk mendapatkan traffic awal dengan melakukan promosi melalui postingan di media sosial, email, atau menggunakan iklan berbayar.

Demikianlah strategi umum yang biasa saya lakukan kepada klien dan website saya sendiri, ingat bahwa agar situs kamu bisa lebih mudah mendapatkan ranking dengan memastikan tiga hal utama yaitu perayapan, indeks dan ranking. Pastikan bahwa kamu melakukannya sesuai dengan langkah-langkah yang sudah saya buat agar keyword yang kamu targetkan menjadi lebih cepat naik rankingnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *